Avee's Place

Simple thoughts in a complex life

Keanehan Speedy : Speed That You Can Trust

Speed That You Can TrustHampir satu tahun yang lalu kantor kami mengganti provider koneksi internet kami dengan TelkomSpeedy. Alasan utamanya adalah biaya. Dulu waktu kami menggunakan dedicated line dari salah satu provider ternama, biaya yang harus kami keluarkan adalah sekitar 3,5 juta rupiah per bulannya. Padahal, kecepatan up/down speednya hanya 128 kbps. Dengan menggunakan Speedy, kami dapat memangkas biaya tersebut lebih dari 50% dan kami mendapatkan kecepatan yang jauh lebih cepat. Kami menggunakan 2 buah line masing-masing 1 Mbps.

Namun seperti kata pepatah bule, “you get what you pay for”, ternyata menggunakan Speedy banyak masalahnya. Misalnya saja kami tidak dapat meng-upgrade ke paket langganan kami ke paket 2 Mbps karena menurut pihak Telkom, line telpon di daerah kantor kami tidak bagus kualitasnya, selain itu ada juga masalah kecepatan koneksi yang tidak stabil, juga gangguan koneksi yang respon penanganannya tidak secepat dedicated line provider. Tapi ya memang semua itu sudah kami perhitungkan sewaktu kami memutuskan untuk pindah.

Dari seluruh permasalahan yang muncul, ada satu permasalahan yang betul-betul menarik bagi saya. Semenjak kami menggunakan Speedy, kami sering mengalami gangguan koneksi putus-nyambung, terutama pada saat Maghrib dan ketika hujan turun. Berbagai usaha kami lakukan untuk mencari penyebabnya, kami memperbaiki perkabelan telpon di dalam kantor kami, kami panggil pihak Telkom beberapa kali untuk diagnosa, kami coba konfigurasi ulang modem, tapi problem koneksi selalu berulang.

Petunjuk yang kami temukan dari proses yang melelahkan tersebut adalah bahwa Line Attenuation di tempat kami cukup besar, sehingga sinyal yang diterima oleh modem tidak bagus. Hal ini berakibat kepada modem selalu mengalami lock-loss. Dari proses tersebut juga satu-satunya hal yang berhubungan dengan hal tersebut yang kami belum benahi adalah modemnya. Namun waktu itu kami tidak memperhitungkan kemungkinan justru modemlah penyebabnya. Hal ini karena ketika kami waktu itu menggunakan dua merk modem yang terbaik yaitu Linksys dan D-Link yang harganya lebih dari 700 ribu satunya, model termahal yang ada di toko tempat kami belanja. Tentu saja dengan asumsi termahal == terbaik.

Hingga suatu saat salah satu modem kami bermasalah dan kami coba tukar dengan modem TP-Link standar yang didapat ketika pendaftaran, ternyata hasilnya koneksi stabil! Tidak terjadi lock-loss. Di saat-saat koneksi Linksys seharusnya sudah putus, modem TP-Link tetap terkoneksi, hanya pingnya saja yang menjadi sangat besar, bisa mencapai 10,000 ms!

Setelah mengetahui hal itu saya segera membuat pengajuan kepada kantor untuk membeli satu buah lagi modem TP-Link untuk mengganti modem di line lainnya. Sampai sekarang koneksi internet di kantor kami relatif stabil, meskipun koneksinya sering menjadi lambat ketika ada gangguan. FYI, harga modem TP-Link hanya sekitar 250rb.

Hal ini mengingatkan saya pada seorang kenalan dari Australia yang kena penyakit perut (saya lupa penyakit apa, disentri atau tipus ya) ketika makan bala-bala. Memang hidup di Indonesia ada seninya tersendiri.

Advertisements

One response to “Keanehan Speedy : Speed That You Can Trust

  1. ให้เช่าเครื่องเสียง April 23, 2014 at 7:16 am

    It’s a shame you don’t have a donate button! I’d definitely donate to this
    excellent blog! I suppose for now i’ll settle for bookmarking and adding your
    RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates and will share this site
    with my Facebook group. Talk soon!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: